Long Journey to ODP Bank Mandiri

Posted On April 12, 2010

Filed under Little Step

Comments Dropped 37 responses

huuh..lama rasanya gak ada bahasa indonesia di bloq ini..bukannya mau nyombong pake bahasa inggris trus..tapi emang tuntutan tugas harus ngepost postingan pake bahasa inggris..anyway mungkin bisa diliat dari postingan yang sudah ada kalo bahasa inggris saya ancur..wkwkwkwk..

Pada saat menjalani serangkaian test ODP, saya sudah bernazar kalo seandainya lulus, bakal nulis pengalaman saya selama mengikuti test dengan harapan temen2 yang juga sedang mengikuti atau hendak mengikuti tes ODP memiliki sedikit gambaran.

Buat temen2 yang mampir ke blog ini dengan tujuan untuk mencari kita dan tips ODP mandiri..saya mohon maaf sebelumnya karena harus membaca postingan saya yang terlalu bertele-tele ini (itupun kalo pada mau mbaca..wkwkwk)

Ok gini ceritanya..selang waktu setelah ujian TA dan pada saat yudisium, pak Kajur meminta hal yang saya cita-citakan dari dulu..”Dit,, besok kamu masuk hari senin udah pake pakaian resmi yach..udah ganti statusnya jadi dosen magang” ..wah..asyik-asyik..lulus gak pake nganggur langsung masuk kerja..jadi dosen lagi..hihihi..

Flashback sedikit..dari Jurusan Ilmu Komputer Universitas Udayana (UNUD), saya adalah angkatan pertama..dan pada saat periode wisuda ke 90 UNUD kemaren barenag dengan temen Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan jadi mahasiswa yang pertama lulus dari Jurusan Ilmu Komputer UNUD..sekaligus rekan saya tersebut berhasil jadi lulusan terbaik untuk S1 periode wisuda ke 90 UNUD..wah bangga rek..(anjrit IPK cuman selisih 0,09)..So pas yudisium saya masih inget, dari Jurusan Ilmu Komputerlah yg paling sdikit lulusannya cman 2 ekor..lantas pak kajur bilang ” ya emang jurusan ikut KB, 2 anak cukup”..wkwkwkwk..

Selama menjalani jadi dosen 1 minggu awal sih rasanya enak..nyante..hahaha..malah sempet ikut seminar di Bali Beach..dapet makan gratis..

Nah hari itu tepat hari senin, kalo gak salah jam 10 pagi deh..saya dapet sms yang sendernya “Bank Mandiri” yang isinya panggilan utk walk in interview ODP bank mandiri hari rabu di jalan veteran no.1 .. Dalam hati..” nih iseng banget sih orang buat sms kayak gini buat ngerjain orang”,,tapi kok ya penasaran juga coz sendernya bukan no hp tapi tulisannya “bank mandiri”..

Iseng-iseng besok pagi ke jalan mandiri di jalan veteran No.1, udah dengan PeDenya parkir motor trus nanya ke satpam ” Pak saya dapet sms kayak gini nih (sambil nunjukin smsnya)..dimana ya saya bisa liat pengumumannya ya?” trus pak satpam bilang “adik..ini bukan veteran no.1.. noo tuh di depan sebelah pengkolan kantornya”…hihi rada malu juga sih..ok habis blang makasih langsung menuju motor..ealah baru mau naikin motor..disamperin lagi sma bapak satpamnya..” Dik..dik..gimana tuh caranya daftar ikutan ODP bank mandiri?” ealah pak..saya ni juga lagi bingung koq..koq isa dapet panggilan interview dari bank mandiri..

Singkat crita setelah nyampe di jalan veteran no.1, rada heran juga sih..coz di papan pengumuman emang ada nama saya disitu Urutan no.18 (angka kesayangan saya nih) Arnoldus Aditya Subiyanto,S.Kom ..wah bener nih nama saya..trus saya nanya ma satpamnya utk nyari info lebih lanjut..”langsung aja ke atas pak coba ditanyakan sama HRD di lantai 2″ ,,ya udah tanpa ba bi bu langsung deh ke atas..sampe di atas ternyata HRD lagi rapat..celingak..celinguk..eh ternyata ada orang di ruang operator..”Mbak..mbak permisi saya mau mencari informasi mengenai ODP bank mandiri”..singkat cerita mbak tadi njelasin..kalo ODP mandiri itu jalur rekriutment bank mandiri untuk officer..trus mengenai saya yang gak daftar tapi kok dapet panggilan interview..si mbak tadi njelasin kalo emang bank mandiri ada kerjasama sama UNUD..sehingga beberapa data alumni diberikan ke bank mandiri.. Hmmm..baru ngeh saya..”ya udah mas,,besok dateng aja buat interview..bawa CV sama surat lamaran ya!”..

Sempet bingung juga nih..mau interview..mana hari itu dapet tugas buat proposal penelitian Hibah UNUD belom kelar lagi..udah semaleman begadang bukan mikirin interview malah ngerjain proposal.. Nah mulai dari sini lah dimulai perjalanan serangkaian tes ODP bank mandiri, yang sempet membuat saya stress sampe diare 3 hari di saat harus menentukan mana yang harus saya pilih..tetep jadi dosen ( Udayana melalui jurusan nawarin beasiswa ikatan dinas..disekolahin S2 trus diangkat jadi dosen PNS) atau seandainya diterima di ODP bank mandiri, milih berkarir di bank mandiri. Btw initinya saya akan mencantumkan hal-hal dan pengalaman saya selama tes ODP di bank mandiri.

1. Interview Awal

Interview ini make bahasa inggris, so persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan menggunakan bahasa inggris. Pengalaman saya, yang menginterview pertama kali masih pake bahasa indonesia..yang ditanya :

  • Apakah anda bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia? ( sebaiknya anda menjawab langsung tanpa ragu2 dengan kata “ya saya siap”)
  • Apakah anda ada rencana menikah dalam waktu dekat? ( sebaikanya anada juga jawab tanpa ragu2 “tidak pak”)
  • Selanjutnya akan ada perkenalan..dan anda akan dipersilakan untuk memperkenalkan diri anda dan menjawab semua pertanyaan dalam bahasa inggris.
  • Ceritakan tentang diri anda.
  • Ceritakan pencapaian terbesar anda
  • Sebutkan kelebihan dan kekurangan anda.
  • Sebutkan langkah2 yang sudah diambil untuk mengurangi kekurangan anda.
  • Sebutkan cita-cita / pandangan anda akan menjadi seperti apa dalam 5-10 tahun ke depan.
  • Dan yang paling susah terakhir adalah , apabila nantinya jika anda telah diterima di bank mandiri, apabila ada bank lain menawarkan kompensasi lebih kepada anda untuk pindah ke bank tersebut, apa yang akan anda lakukan?
  • Setelah interview, saya diminta untuk menunggu sebentar untuk menunggu hasil pengumuman interview. Apabila lolos maka akan diberikan jadwal untuk test TOEFL.

2. Test TOEFL

Test TOEFL yang digunakan adalah test TOEFL ITP dari IIEF , so kalo ada yang punya waktu untuk latihan bisa latihan untuk ikut test TOEFL ITP di lembaga penyelenggara TOEFL. Beruntung sebelumnya saya penah mengikuti test TOEFL serupa di NESO jakarta dan surabaya. Dari desas-desusnya yang lolos harus lebih dari 500 skornya..,sebagai perbandingan saya pernah mencoba test TOEFL di NESO 2 x dan hasilnya adalah 507 dan 517 (saya lulus tahap TOEFL).

3. Aptitude Test

Jangka waktu saya menunggu hasil dari Test TOEFL hampir seminggu, dan pemberitahuannya melalui sms ke no HP. So harap perhatikan no HP yang diberikan ke bank harus valid dan usahakan HP tetap hidup saat menunggu pengumuman. Untuk test  ini , bank mandiri bekerja sama dengan SHL, sebuah lembaga independen yang dikhususkan untuk Psikopat..eh salah Psikotest maksudnya..😀 . Jadi sebelumnya bisa mencoba2 dulu di webnya http://www.shl.com . Pada saat mengerjakan jujur saja saya hanya mengisikurang dari separuh pada bagian numerical test dan kurang satu nomer pada bagian verbal test. Namun saya berusaha untuk mengerjakan yang memang saya bisa dan hampir 85% saya yakin jawaban saya benar. Pada saat test kepribadian pun saya memilih untuk menjawab dengan jujur walaupun misalnya pilihan tersebut terdengan kurang keren atau kurang bagus. Yang penting Be your self..yajinlah kalo memang anda cocok dengan kriteria bank mandiri , maka anda akan lolos.

4. Leaderless Group Discussion

Waktu menunggu pengumuman kali ini paling lama yaitu 2 minggu, kali disebabkan ada hari raya nyepi ya di bali waktu itu.. Pada test ini anda akan diminta untuk bergabung dalam grup-grup kecil (4-5 orang) untuk bersama-sama memecahkan sebuah permasalahan. So be active, tapi tetap sopan. Usahakan jangan menjatuhkan pendapat teman 1 tim. Apabila usul anda sampai diterima oleh tim itu sangat bagus. Ingat diskusi ini sifatnya Leaderless, jadi janan mendominasi dan bertindak sebagai pemimpin diskusi.

5. Medical Check UP

Pada tahap ini anda akan diminta untuk melakukan general medical check up, meliputi , tes darah, urione, EKG(jantung),pendengaran,mata,THT, fisiologi oleh internist,foto thorax(tulang belakang), rontgen abdomen (ginjal,hati,dll).Manfaatkan waktu jeda pengumuman test tahapa sebelumnya untk menjada kesehatan tubuh dan berolah raga. hehe walaupun saya sendiri tidak melakukannya,,gimana mau olah raga nyiapin fisik, pemebritahuan medical check H-1..hihihi

6. Final Interview Board of Directors

yah..finally kalo udah sampe tahap ini, peluang untuk bergabung udah sangat besar sekali..pada tahap ini anda akan diinterview oleh salah satu direksi bank mandiri, jadi anda akan diminta untuk mengenakan pakaian formal *sekali , pake jas dan dasi..hehehe.. Inti pertanyaan hampir sama seperti tahap interview awal, hanya saja menggunakan bahasa indonesia. Disni sepertinya yang dilihat adalah kesungguhan dan komitmen anda untuk bergabung di bank mandiri. Saran saya jika sudah sampai pada tahap ini anda harus yakin untuk bergabung dengan bank mandiri. Pada kasus-kasus tertentu, wawancara akan diadakan di daerah asal, namun tidak menutup kemungkinan seperti yang saya alami , interview di lakukan di jakarta tepatnya di gedung plaza mandiri lantai 12. jadi siap2kan uang untuk beli tiket pesawat..hehe

Setelah tahap terakhir anda akan diberi pemberitahuan untuk lolos atau tidak bergabung dalam Officer Development Program Bank Mandiri..apabila anda dinyatakan lolos..maka anada akan diminta untuk memenuhi jadwal tanda tangan kontrak.

Finally, akhirnya setelah ttd kontrak..Selamat bergabung di Bank Mandiri ” Terdepan, terpercaya, tumbuh bersama anda” !!

Mudah2an tulisan ini bisa bermanfaat..hiks..btw…nasib ku kok aneh ya..dipisahin sendiri dari rombongan dari bali..temen2 dari bali semua jadi angakatan 61 udah mulai kuliah di LPPI kemang mulai tgl 14 april besok..aku kapan yaa?? Bakal digabung sama batch angakatan berapa ya?? huaaa….

37 Responses to “Long Journey to ODP Bank Mandiri”

  1. deden21

    wah thx gan infonya (msh latah ngaskus) hehee!!!
    LENGKAP, SIMPLE, TERDEPAN, TERPECAY DAN TUMBUH BERSAMA ANDA…

    ane dari BJM, baru pertama nih diadain rekrutmen ODP tempat asal ane, kmaren jumat baru TOEFL, mudahan bisa gabung sama ente2 yg udah resmi jadi bagian dari ODP Mandiri^^

  2. alomohora

    PERTAMAX… btw selamat ya gan lolos di ODP mandiri…

  3. bee

    kakak saya mau tanya..
    kalo yang med check-nya tuh di daerah asal ato di jakarta???
    trus kl lolos lagi kan final interview (yg kl ga beruntung kita ke jakarta), kl ke jakarta tuh ongkos kita digantiin ga yah???
    cz slama nie kl ada panggilan buat interview ma user di jkt ato luar pulau mesti dpt gnti uang transport minimal..

  4. arnolditya

    @deden
    hohoho..selamat berjuang bro..moga2 bisa gabung di kemang..
    @bee
    kalo dulu sih saya med checknya di daerah asal..nah masalah duit trasnport saya juga belom yakin nih kalo bakal diganti..yah beroda aja..mudah2an nti diganti,,nti begitu saya dapet info lebih pasti bakal saya kabarin deh.. ^_^

    • deden

      update gan, ane lulus TOEFL. Kmaren Jumat baru aptitude. doain Gan^^

      • arnolditya

        wah..selamat Gan..mudah2an lancar sampai akhir..
        Sampe ketemu di Kemang gan..ane juga belum mulai pendidikan sih ni..tgl 26 besok baru mulai..

  5. Amanda

    thanks infonya…

    saya lagi mau tes tahap4 dari Malang..

    • arnolditya

      seepp..mudah2an nti ketemu di Kemang ya..

  6. cleo

    makasi inponya ya…
    saya nunggu hasil medcheck niy…kira2 brapa hari ya rentang pengumuman untuk interview akhir?
    thx b4

    • arnolditya

      ditunggu aja bro..paling lama 2 minggu..pengalaman saya sih dlu 2 minggu..hehe

  7. iiiccchhhaaa

    kalo Bali home base-nya tetep Bali atau Jakarta mas Adit?
    *ih so kenal gt gw

    • arnolditya

      hahaha..gini mbak icha..*ikut2an sok knal
      dari info yg saya dpet dri pda saat OL (offering letter) seluruh ODP itu home baseny akan di buat di jakarta mbak..

  8. alex

    mas,, mo nanya.
    untuk posisi ODP ini,, jika kita mempunyai anggota keluarga inti yg bekerja di mandiri juga, gimana mas?

    soalnya,, saya liat syarat2nya, posisi ODP ini ga pernah mengsyaratkan tidak boleh ada anggota kluarga yg telah bekerja di mandiri.
    tapi untuk posisi lainnya, misal micro office manager (kalo ga salah), baru disyaratkan ga boleh ada naggota kluarga inti.

    gimana tuh mas? mohon pencerahannya..

    • arnolditya

      hmm,,setahu saya sih sepertinya tidak bisa,,atau mungkin hal itu jadi pertimbangan mas..coz nti pas interview ditanyain kok,,apa ada keluarga yang bekerja juga di bank mandiri,,bgitu..

  9. putri

    waaahhh,,membantu sekali tulisan ini..
    terimakasih ya…
    kebetulan bsk sy final interview bank mandiri as a supporting staff,,tempatnya sama,,di plaza mandiri lt.12
    setidaknya stlh membaca tulisan ini sy jd ada gambaran seperti apa final interview bsk..
    skali lg trmakasih..🙂

  10. dinda

    Hi, aku baru aja minggu lalu walk in interview utk odp Bank Mandiri, nah barusan dapet sms lagi buat test toefl hari Rabu besok, kira2 soal2nya gimana yaaaa?

    • arnolditya

      kalau pernah ikutan test TOEFL yang ITP model dan tingkat kesulitan soalnya mirip kok..

  11. Sha

    Seru… seru… pi mw nanya ni. Kalau ada panggilan walk- in interview ke Bank Mandiri tapi panggilannya melalui sms, bener ga c?

    • arnolditya

      Hmm,,kalo pengirimnya “BANK MANDIRI” bener koq,,coz saya juga ngalamin hal yang sama..dapet panggilannya melalui sms ..sempet gag percaya juga awalnya, tapi setelah saya cek di kanwil mandiri, nama saya memang ada disana..mungkin untuk meyakinkan bisa cek di kantor kanwil..

  12. pikha

    thx gan.. Tuhan memberkatimu.. ^^

  13. retno

    ni di solo baru akan dibuka..maaf utk pertanyaan..
    apabila nantinya jika anda telah diterima di bank mandiri, apabila ada bank lain menawarkan kompensasi lebih kepada anda untuk pindah ke bank tersebut, apa yang akan anda lakukan?
    ..dulu mas jawab apa??
    thx yach..

    • arnolditya

      hoho,,namaku bukan “thomas”,,jdi jangan dipanggil mas..😛
      he, aq ngelesnya bilang ” if i have enjoyed work in mandiri i will pretend in mandiri because there is no guarantee that i will be enjoy to work with the new environment and new rules in the new company , even with better salary.” hohoho

  14. Anwar

    mas Adit tks atas pencerahannya…
    tapi aku mau mohon tips n trik dunk untuk lolos final interviewnya. interviewnya langsung di depan berapa orang, atau satu2 atau spt sedang di sidang atau gmn yah gan?
    Terima Kasih mas Adit

  15. nithas

    Really nice journey dit…..

    sy jg dpt sms y sama dr mandiri, heran plus bingung ditambah lg takut slh ngomong klo interview make english si…..heee

    msh blum tau kerja ODP itu sperti apa ya…????

    Hope my story career like u…..

  16. LadyRuru

    makasih yahhh blognya.. saya sedang mengikuti TEs ODP MAndiri cabang Kendari…. tapi belum tahu lulus Tes TOEFL apa tidak… aku takut juga.. pas bagian reading agak susah..

    *semoga lulus tahap 2 biar bisa lanjut tahap 3*

  17. echi

    hemmmm….
    lusa saya ada panggilan walk interview
    jujur aja saya sedikit nervous..
    karna ini pertama kalinya saya ikutan lamaran kerja,

    ada tips ga biar saya ga gugup waktu interview..
    apa lagi klo dalam keadaan gugu b. inggris saya suka ngasal.
    ancur2an,
    hohooooo…….
    jadi tambah deg-degan nich

  18. ajus

    Mau nanya donk,,,,saya juga ikutan ODP yang di Bali. Nah sekarang lagi nunggu hasil test toefl. Katanya sih bakal dihubungin via telfon bagi yg lolos. Nah, temen2 saya pada belum dihubungi juga. Sudah hampir seminggu nih. Nah, biasanya hasil toefl itu diberitahu berapa hari setelah tes ya? terimakasih sebelumnya.

  19. LadyRuru

    alhamdulilah lolos TOEFL , lanjut aptitude tes kemarin.. mohon dukungannya semoga lanjut LDG lagi…. terimakasih ya postingannya

  20. nandia

    Sir, Mau tanya nih.. kalo supporting staff kerjanya apa aja?? please..please.. tell me.. mau lamar🙂 thnk u so much b4

  21. Safri

    Trus kalo qita lewat untk training k jakarta,tiket pesawat qita k jakarta syp yg tanggung,aq dari aceh neh. .tq y. .

  22. greby

    mmmm,kren! bgus malah!kmrin saya juga bru dapat! tiba2 lagi!

  23. indrea

    abis test toefl, pengumumannya lulus ke tahap selanjutnya brp lama ya utk ODP ini, lg H2C nih😀

  24. Bhakti

    hmm, bingung niyh.. saya sudah test sampe aptitude test, yg Bank Mandiri Kerjasama sama SHL.. seminggu yg lalu..
    trus skrg dapat SMS untuk test Aptitude besok..
    mangnya dua kali yua.??
    waktu selesai TOEFL test sy malah dihubungi via telpon untuk mngikuti Aptitude Test..

    skrg ko smsnya minta mengikuti Aptitude Test lagi.. bingung deh..!!

  25. Bhakti

    hehe.. Bank Mandiri salah ketik SMS.. tdi udah di ralat.. besok itu test LGD..

  26. rizki

    aloo gan… thx banget ya buat infonya.. btw sukses ya buat di mandirinya.. ohh ya kl gk keberatan bisa gk minta tolong jawabin semua pertanyaan yang agan jawab waktu itu… pake inggrisnya gmn…(kl gk keberatan ^^)

    thx alot yah
    best regards

  27. rissa

    mas nya pinter b.inggris si ya,, percaya dirinya bagus bgt lg,, bantuin saya dooong, mindernya masya’ Allah huhuhuaaaaaa :((

    • arnolditya

      Thanks semua buat komentnya,,sorry karena jarang bukA blog,,jdi ga bsa jawabin satu2 pertanyaan yang lalu2,,buat yg sudah lulus congratz yah..buat yg belum brarti emNg sudah jalannya,,yakinlah itu yg terbaik..

Tinggalkan Balasan

